Selasa, 05 April 2011

#MancawarnaSarasvati


Konser Mancawarna Sarasvatī
Kamis, 14 April 2011 (19:00-end)
Teater Tertutup Dago Tea House
Jl. Bukit Dago selatan No 53
Bandung, Indonesia

Tiket : Rp 30.000 (Terbatas)

Tiket bisa didapatkan di
-Omunium
Jl Ciumbuleuit No 151B lt.2
Bandung
Telp.022-2038279 / 087821836088
Mulai 7 April -13 April 2011

-Dago Tea House
Mulai 14 April 2011 pk 16.00

Dalam berbagai kepercayaan di seluruh dunia, diyakini bahwa alam semesta ini berawal dari ketiadaan, satu ruang hampa (void space) yang dihuni kegelapan, tanpa cahaya. Dari kehampaan tersebut lahirlah cahaya kehidupan, warna putih terang yang melahirkan beragam unsur kehidupan utama, yaitu Bayu (Angin), Pratiwi (Bumi/tanah), Agni (Api), dan Ap (Air). Itulah mancawarna. 

Cahaya berwarna-warni yang juga menggambarkan cahaya yang menunjukkan lebih dari satu warna. Dalam bahasa sains kita mengenal istilah cahaya polikromatik, yaitu radiasi cahaya yang mengandung lebih dari satu panjang gelombang.Unsur-unsur kehidupan yang lahir dari mancawarna, diwakili oleh beragam warna. Bayu, diwakili oleh warna kuning, Pratiwi cokelat dan hijau, Agni dengan merah, serta Air oleh warna Biru. Seluruh warna kehidupan inilah yang membuat kehidupan menjadi ada, dan keberadaan semua unsur tersebut adalah satu hal yang musykil tanpa adanya mancawarna.

Filosofi mancawarna-lah yang menjadi jiwa dari konser "Mancawarna Sarasvatī". Musik Sarasvati yang selama ini diidentikkan dengan unsur kegelapan, kali ini menyajikan beragam warna yang mewakili berbagai pengaruh musikal. Ya, Mancawarna Sarasvati adalah kilauan-kilauan ragam warna kehidupan yang disajikan melalui nafas musik. 

Bak larikan cahaya putih, sumber kehidupan yang menyinari kelamnya kehampaan yang menghasilkan beragam warna (baca: unsur) kehidupan. Mancawarna Sarasvati adalah serangkaian warna musik yang beragam, mewakili berbagai unsur-unsur musik yang telah memberikan pengaruh terhadap warna musik Sarasvati. Nafas musik khas Sunda, pengaruh musik elektronik, kecintaan Risa Saraswati terhadap lagu-lagu perjuangan dan lagu pop legendaris Indonesia, ketertarikan terhadap musik-musik baru dan instrumen musik tradisional lokal dan manca negara, serta gairah atas iringan orkestrasi nan megah. Semuanya terangkai dalam gelaran Konser Mancawarna Sarasvati.

Sebuah konser musikal yang tidak sekedar memberikan sajian musik semata, namun beragam ekspresi seni yang mendukungnya. Sajian tarian khas Sunda, penampilan teatrikal dari para pelakonnya, serta beragam pengalaman estetis yang harus dinikmati sendiri. 

Tidak ada komentar: