Jumat, 03 Juni 2011

mplash back SNMPTN eh SPMB

Berhubung masih lagi hangat-hangatnya issue tentang SPMB eh SNMPTN yang baru berlangsung tanggal 31 Mei - 1 Juni 2011 mari kita bahas tentang itu, hihihi jadi ketauan kan angkatan taun berapa.. Ber-flash back ria ahh  :)  :)  :)

Iyee dulu sih namanya masih SPMB (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru) trusnya ganti deh jadi SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) oalahh rempongg nian bin panjang bener ya namanya. Sebelum SPMB namanya masih UMPTN, trus SIPENMARU (astagoo tambah jadul sekalii) baca sejarah SNMPTN

Pasti pernah mengalami dongg gimana deg-degannya ikut tes ini, apalagi saya pas SMA pilih jurusan IPA eh adodoee pas mau kuliah khususnya pas ikutan SPMB malah milih jurusan IPS dan sama sekali hanya IPS tho' bukan IPC pas beli form-nya, hihihi... sumpeh ini beneran uji nyali, nekad, dan pasrah!  :) Hadohhh apa pulaaa ituu sejarah, geografi, ekonomi.. *garuk-garuk bantal* jadi kangen pelajaran eksak uyy semacam KIMIA, FISIKA, BIOLOGI..

Si babeh nyuruh saya masuk jurusan AKUNTANSI. Daftar juga sih di salah satu PTS cukup terkemuka di Bandung, alhamdulillah keterima, tapi tapi tapi itu mahal yaa biaya per semesternya sekitar 5 jutaan :( *ga ga ga kuat ga ga ga .. #lady gaga?*

Udah gituu ikutan juga tes D3, kterima lagi saya di jurusan AKUNTANSI (PAAP uenpeade). Klo sekarang sistemnya SNMPTN S1 dulu yaa baru yang SMUP D3? Waktu dulu sih, pokoknya SMUP (D3 dan S1) dulu baru SPMB. 

Ehh apa pulaa itu SMUP? SMUP ituu singkatan dari Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran jadi yaa jalur kheuseuuss mandiri buat yang pengen masuk Unpad dan harus membayar biaya pendidikan yang lebih sedikit mahal dari yang reguler (SPMB/SNMPTN). Penasaran pengen liat biaya pendidikan yang kudu dibayar pada jalur SMUP? siap siap sodara2 jangan pengsan -> biaya pendidikan smup s1 tahun 2011 

FYI biaya itu dibayar pertamanya doang kesananya bayar semesternya normal kok cuma Rp 2.000.000 saja per semesternya (untuk angkatan 2008 ke atas) klo saya sih masih Rp 1.100.000 (beda-beda sih ada juga yang Rp1.350.000 tergantung fakultas apa)
Buat perbandingan ya waktu jaman saya, FE khususnya jurusan akuntasi itu minimal kudu bayar 40 jutaan, sekarang udah 52 jutaan. Itu minimal lhoo, klo kamu mau bayar lebih tinggi boleh aja. Eh ngga ngerti deh, soalnya saya ngga ikutan SMUP S1 ikutnya yang D3 buat jaga-jaga. 
Banyak ya perbedaannya? Padahal cuma beda 4 tahun doang, sistemnya ganti-ganti nih bikin ruwett, hehe. Saya juga baca ternyata SMUP S1 itu ga perlu ujian tertulis lagi jadi SMUP 2011 menggunakan hasil ujian tertulis SNMPTN 2011 sebagai alat seleksi. Dengan demikian calon pendaftar SMUP 2011 jenjang S1 harus terdaftar sebagai peserta SNMPTN 2011 jalur Ujian Tertulis. Tapi teteupp kudu beli PIN SMUP dulu sbesar Rp 150.000 via bank mandiri sampe 15 Juni 2011, nahh cepetan beli deh buat kamu yang sekiranya punya kelebihan duit :p ayo ayoo ayoo yang pengen masuk uenpeade  :)  :) calon adek-adekku, mari lah kemari heyy heyy heyy.. 

Okei next, inilah perjuangan terakhir saya, SPMB here i come  :) sebulan sebelumnya saya pun ikutan semacam bimbel intensif persiapan SPMB, ya iya lah bo matee aja saya klo ngga ikutan bimbel bisa keblinger sama pelajaran IPS, lupa-lupa lagi, mari sejenak meninggalkan matkul FIKIBI yang indah nian ituu. 

Lagi-lagi ada perbedaannya, dulu *aduhh itu udah ada berapa kata dulu yaa yang saya tulis disini. Jadi kan udah dapet form-nya, udah beres di isi kudu daftar ulang plus buat cari tahu bakal kebagian lokasi tes dimana, ini masih manual menn ngantri dolooo di aula GSG ITB sekarang mah udah onlen daftarnya, enak kagak usah ngantri, hihihi.. #Abaikan #Ya Allah kok kesannya saya ini angkatan tua sekali yaa padahal masih 4 tahun yang lalu saya jadi MABA (Mahasiwa eh *Mahasiswa Baru)  :)

Yes, saya kebagian lokasi tes di sekolah-sekolah tepatnya di sebuah SMK negeri di kawasan Buah Batu Bandung, klo dapet lokasi tes di sekolah-sekolah gitu enak karena bangkunya luas, klo dapetnya di kampus-kampus gitu bangkunya sempit, tau sendiri kan bangku kuliah kayak gimana yang kursi chitose lipat yang terdapat sejumput tatakan meja kecil *halah* yaa situ ngerti kan maksud saya sperti apa itu kursi kuliah? :p

Hari pertama itu tes bidang studi dasar (Matematika Dasar, B.indonesia, B.Inggris) kagak ada tuh Tes Potensi Akademik (nah ini dia yang jadi perbedaannya LAGI). Dari rumah ngga berhenti buat berdoa ada kalii 30 Juzz tamat *hahaha lebay* ga deh, pokoknya baca aja Surat Al-Fatihah, Al-Ikhlas, An-Nass masing-masing sekitar 3 kali sama Ayat Kursi juga dan tak lupa juaa dzikir #JAMAAAAAAAAAAAH OH JAMAAAAAH! ALHAMDULILLAH  :) 

Gilee nervouss abiss menn, saya mesti hati-hati soalnya sistemnya itu klo JAWABAN BENAR (+4), JAWABAN SALAH (-1), JAWABAN KOSONG (0). Ngga saya isi semua  sayang kan klo salah ntar banyak minusnya, hehee.. #pake taktik dongg saya cuma isi yaa sekitar 60% sampe 70% aja.

Hari kedua, tes bidang studi IPS (Sejarah, Geografi, Ekonomi, IPS Terpadu). Ya begitu lah, mamam juga yaa soalnya. Ehh iyaa sampe sekarang saya masih nyimpen lhoo prasasti soal-soal SPMB tapi sudah saya wariskan ke si adek, dia ikutan SNMPTN tahun ini, 2011. Beres ngerjain, rasanya plonggggg gilaaa tapi udah pasrah aja krn pilihan jurusan pertama itu gradenya lumayan gede dan banyak saingannya (banyak sekaliii peminatnya) sedangkan pilihan jurusan kedua yaa agak di bawah tapi teteupp gede jugaa grade-nya. 


Pulang tes ngga mau dengerin radio. Kenapa? Ini nih yang bikin stress, soal-soal SPMB yang tadi saya kerjain udah mulai dibahas jawabannya di radio. Iya kalo bener smua, nah ini banyak salahnya? Bikinn stress jiwaaa.. 

Sekitar sebulan berlalu, menanti dan menanti kabar dari si SPMB. Akhirnya datang juga hari pengumuman, saya udah pasrah sepasrah-pasrahnya, udah tenang juga sih soalnya kan saya udah keterima di uenpeade walopun yang jenjang D3 juga, setidaknya bisa kuliah di PTN lah yaa, hihihi.. 


Pengumuman kelulusan SPMB pun lewat web, udah mulai bisa di akses sekitar jam 8 malem, saya masih inget lhoo! Dan besoknya pund ada pengumumannya via koran. Ihh merinding abiss.. Saya sih sebenernya super cuek eh sebenernya takut kecewa sama hasilnya. Saya ngga mau repot-repot ke warnet soalnya pasti bakalan susah di akses itu websitenya lagian udah malem juga, warnetnya jauh *hehhh alasan kauuuu*. 


Eh tiba-tiba tetangga saya nelpon, ngajakin buat ngelihat hasilnya, dia lagi ber-inet ria. Katanya dia keterima di Institut Gajah Duduk Mbandung, wahh selamatt selamatt  :) 

Apa pulaa itu? Hehehe itu bukan HOAX lhoo, sempet2nya ya saya mengabadikannya pake print screen. Itu skrinsut ada di blog saya yang satu lagi (jaman-jamannya ngeblog tahun 2008-2009, ga akan saya share linknyaah  itu blog isinya ke-ababil-an nan kejahili-yan jaman SMA+awal-awal kuliah! maluuu :p) Potongan pengumuman di koran juga masih saya simpen lhoo buat kenang-kenangan, astagooo :p

Sempet ga percaya! Itu kode program studi pilihan keberapa ya? Jangan-jangan saya salah ngisi kode malah pilih jurusan Sastra Mesin, hihihi.. Mana ada jurusan sastra mesin, ahh ngacocoo taucoo :p 

Nah klo yang di bawah ini, skrinsut pilihan prodi IPS pada SNMPTN 2011 khuseusnya di unpad yaa.. Klo ga keliatan boleh di klik aja gambarnya. 
I -> pilihan pertama pas SPMB ...... II -> pilihan kedua pas SPMB


Okeoo, udahan ah ber-flash back rianya :)

Masuk Perguruan Tinggi Negeri itu butuh perjuangan karena banyak bangedd peminatnya dan lulusnya pun perlu perjuangan juga. Ada yang bilang masuk PTN itu susah dan keluarnya pun susah. Kayak saya yang sekarang masih berjibaku untuk segera merampungkan kuliah, masih ber-ngkrip riaa, bab IV nih menn..

Kuliah sama SMA ituu sangat lahhh berbeda, klo SMA kita masuk bareng lulus juga pasti bareng. Nah klo kuliah mau lulus kapan itu pilihan kamu, normalnya sih S1 itu 4 tahun yaaa (8 semester) klo yang D3 itu 3 tahun (6 semester). 

Lanjut S2? Insya Allah, doakan yaa.. Tapi kayaknya ngga tahun ini. Punya impian juga sih buat study abroad, smoga ya Allah, aamiin ... 

Sincerely, 

Tidak ada komentar: