Rabu, 04 Mei 2011

Tweeting Tweople

punya akun di twitter

iyaaa punyaa dongg donggss...
facebook udah ngga menarik lagi bwd saya. ngga tau yaa, udah bosen tuh fiturnya gtu2 aja duluu sih rame saya suka maenin "buddypoke" :D

bagaimana nasibbb mu wahai situs jejaring sosial pertamaku
"friendster"

maaph ya sudah menelentarkanmu :(

anyweiii marii kita meracauu sedikitt yaa..
bisa di liat dari segi nama "facebook" terjemahan bebas "bukuwajah" isinya yaa stidaknya diutamakan untuk share PHOTO or FACE bukan untuk update status bu.. 

suka kesell sendiri yaa liat newsfeed ~ dikit2 update status,, ihh apaan sihh?! dikit2 curhatt.. beli buku diary gih.. 

jadi inget jaman SD, hoaamm bku diary saya kemana ya?
pasti isinya jayuss deh, hahaa :p

masih mending klo curcolnya di twitter, asal jangan kebanyakan juga, tiap detik tiap menit smua pikiran lo tumpah ruah di timeline #curhatBu mending situ bikin akun di blog deh kalo mau nulis banyak. 

ngemeng2 soal twitter
Mari kita sedikit banyaknya *lho ga konsisten* tentang segala sesuatunya tentang "tweet-mentweet" 

sedikit saya copas dari ini --->> twitter for dummies

timeline adalah sekumpulan tweet orang-orang yang tlah kamu follow. Misalnya kamu sudah follow 100 orang, setidaknya timeline kamu akan penuh oleh tweet 100 orang itu.


follower adalah orang yang follow kamu.
sedangkan following adalah orang yang kamu follow. 


Reply, ReTweet?!
Balaslah tweet seseorang dengan memakai reply, bukan dengan ReTweet (RT). Kalo kita ngejawab mention pake REPLY, otomatis bakal keliatan CONVERSATIONnya, liat deh yg bagian kanan.. 



Jadi enak kan nih berasa kayak BBM-an (i am not BB user jd yaa ntah lah BBM -an itu kayak gimana, semacam chat lah kyk YM!).

Don't use RT secara berlebihan yaa biar gak GANGGU TIMELINE!!!
Pemakaian Retweet sih sah-sah aja, asal :

  1. Tweet yang di RT kan merupakan tweet yang berisi info berguna. Misal, tweet tentang seseorang yang lagi memerlukan donor darah, tweet yang isinya info tentang cewe diculik alien sehingga butuh pertolongan, atau info soal kehilangan kancut lo yang dijemur diatas pager tadi pagi.
  2. Tweet lucu-lucuan. Kalo gak lucu, gak usah di RT. Dan sekali lagi, GAK USAH RT DIALOG PEMBICARAAN LO DENGAN TEMEN LO! Ganggu!
sumber: gonjang ganjing twitter


anyway awal saya punya twitter kirain RT itu singkatan dari reply tweet ternyata bukan sodara sodara bukan juga singkatan dari RUKUN TETANGGA,, haha..
RT adalah singkatan dari 'ReTweet'; bukan 'Reply To'. Awalnya twitter adalah sebuah layanan mikro blog. Jadi sebuah tweet bisa dikategorikan sebagai kekayaan intelektual (karya cipta). Dengan begitu, meng-copy sebuah tweet tanpa mencantumkan sumbernya bisa disamakan dengan mencuri. Nah, kalau ada tweet yang bagus, dan ingin kita sebarkan (via twitter), bagaimana caranya agar tidak dianggap mencuri karya/tweet orang lain? Di sinilah muncul istilah ReTweet yang disingkat 'RT' (biar irit karakter). Fungsinya menyebarkan kembali sebuah tweet lengkap dengan informasi kita mengutip tweet tersebut dari siapa.
sumber : sejarah RT

Retweet digunakan ketika kamu mau menyebarkan berita ke followers kamu. Nah, kalau mau nyebar info ini ke orang lain caranya adalah langsung klik Retweet di bawah status orang tersebut (khusus di twitter.com). Tapi kalo kamu klik itu, kamu nggak bisa ngedit beritanya.  Kalo kamu mau nambahin kata2 sendiri, bisa kamu ketik sendiri ato ngga skarang kan udah banyak tuh 3rd application to twitter eh bner ngga yaa nulisnya? ;) yg ada fitur RT otomatisnya.. 

Re, Hashtag, Trending Topic?!
“Re” bertujuan untuk menjelaskan topik yang dibahas, terkadang orang tidak langsung menjawab sebuah tweet kan?
misalnya : 
@MamangSeblak iyaa menn tadi dia kesini bawa rawit segambreng request bkin bakpia dari krupuk. Re: bumil beda 3 rumah ngetok2 jam 3 pagi.
*ngarang abiss*

Hashtag (#)
Misalnya aja, pas lagi booming2nya ulet bulu, di belakang tweet semuanya ditambahin #wabahUletBulu, biar org2 yang ngetweet dgn topik sama kekumpul dlm satu wadah *ember*
#SumpahMerindingAbiss

Trending Topic (TT) ialah kata apa yang sering banget disebut dalam sebuah twit. Indonesia merupakan salah satu negara yang dengan gampangnya bikin trending topic di Twitter biasanya sih diikuti hashtag juga, misal yg jadi TT ituu #royalwedding2011

"twitter bisa di gembok bisa dibuka" 
Kalo settingan twitter kamu digembok (private), kamu harus rajin2 approve atau nolaknya. Bagus sih untuk menyaring siapa followers kamu. Tapi kalo kamu niat jualan atau semacamnya, sayang kalo digembok karena orang-orang yang belum jadi followers kamu nggak bisa intip2.

*saya sendiri suka kesel klo nemu akun yang digembok.. susah ngestalker-in nyahhh suka pngen tau ini siapa sihh, hahaa :D cuma bergantung sama mesin "search" ituu punndd klo dia ngobrol pke RT nah bs deh tuh intip2 dikit!


cinta lah sama twitter soalnya disini kamu bebas mau follow siapa pundd dan ga perlu nunggu si orang tsb meng-confirm dulu ..

Tidak ada komentar: