Senin, 13 Juni 2011

is it different? @maicih - @infomaicih

@infomaicih
twitter: #maicih for #icihers with love


skrinsut @infomaicih
fan page: FP infomaicih

logo @infomaicih
Produk @infomaicih terdiri dari KERIPIK "SETAN" (level 1, 3, 5, dan 10), BASRENG (Baso Goreng), SEBLAK, & GURILEM






"Saya bertemu sosok emak-emak (Nenek-nenek,red) yang memang mempunyai resep keripik lada atau keripik setan yang rasanya enak," tutur Axl. Sosok emak-emak tersebut bukan bernama Maicih. Axl sendiri membuat nama tersebut agar lebih nyeleneh dan mudah diingat orang. "Sosok emak-emak ini identik dengan ke-icihan. Dia pake selalu pakai ciput. Nama aslinya bukan Mak Icih, biar nyeleneh saja jadi saya beri nama Maicih," ujar Axl.
Pertemuan Axl dengan Si Emak tersebut terjadi sekitar 3 tahun lalu di daerah Cimahi. Menurut Axl, Emak tersebut tidak menjual keripik setannya secara komersil. Keripik hanya diproduksi saat momen-momen tertentu saja. "Saat itu saya tidak langsung berpikir untuk langsung memproduksi. Baru tahun 2010 saya memproduksi ini," jelas Axl. 
Bulan Juni 2010 lalu, awal dimana kejayaan Maicih dimulai. Tepatnya 29 Juni, Axl mulai memasarkan produknya. Ada 5 level yang dia keluarkan. Axl sengaja memunculkan berbagai macam versi untuk mengetes pasar. "Saya keluarkan dari level 1 sampai 5. Ternyata setelah 3 bulanan beredar, yang banyak digemari level 3 dan 5. Jadi sekarang diproduksi yang level 3 dan 5 saja," terang Axl. Level 3 ditandai dengan logo yang berwarna abu-abu. Sementara level 5 ditandai dengan logo yang berwarna merah. "Jadi yang level 3 pedas biasa, yang level 5 pedas banget," kata Axl.
Harga Maicih mulanya dibanderol Rp 10 ribu, namun karena harga cabai kini meroket, harga pun dinaikkan menjadi Rp 11 ribu. "Untuk Bandung Rp 11 ribu. Kalau di Jakarta dijual Rp 19 ribu," kata Axl. Selain produk keripik setan. Maicih baru saja meluncurkan produk baru, yakni Basreng (baso goreng-red). "Itu produk baru kita, ada juga sih Maicih yang level 10, tapi itu limited edition. Tidak kita keluarkan setiap hari," terang Axl.
sumber: Dibalik Kesuksesan 'Keripik Setan' Maicih yang Fenomenal
"Maicih gak punya web, gak ada blog, melulu jualan dengan dibantu soc-med. Tapi konsumennya yang notabene anak anak muda netizen menjadi evangelist Maicih. Mereka (konsumen) berbagi foto sedang makan keripik Maicih, dengan muka kepedasan ‘tericih icih’ (istilah mereka). Mereka share foto makan Maicih di Twitter dan Facebook. Dan inilah kekuatan Maicih, dia dicintai konsumennya.Pengamatan saya lanjutkan, karena masih penasaran. Saya amati terus TL @infomaicih, mereka sedang membangun karakter, ya karakter brand Maicih. Mereka dengan sengaja menciptakan istilah istilah yang konsisten dipakai, dan ternyata dicintai konsumennya. Seperti: iciher (pecinta Maicih), tericih icih (kepedasan), jenderal (para sales), gentayangan (sdg mangkal jualan), heuheuheu (ketawa khas Maicih berikut jendral2nya, jadi ketawa aja kompak). Menurut saya itu sangat khas anak muda. Reza (owner) dengan jeli membidik segmen anak muda sebagai target market, menurut saya karena hanya anak muda yang social media addict. Dan memang Twitter adalah tool utama mereka untuk menciptakan efek viral.
sumber: Fenomena #Maicih

 --------------------------------------------------------------------------------------------

@maicih
twitter: Keluarga Maicih
skrinsut @maicih
website: maicih(dot)com
logo @maicih
Produk @maicih terdiri dari KERIVIK SINGKONG, GURILEM, MAKARONI, & BASRENG. Sudah berlogo HALAL, bernomor DINKES + BPOM, dan berkemasan papper bag.



gambar kemasan papper bag @maicih
 --------------------------------------------------------------------------------------------
nah klo yang ini maicih yang mana lagi yaa? (┌','┐)
btw, gambar yang dibawah ini another maicih atao maicih KW ke sekian? (┌˘▿˘)-σ• ┐(˘o˘┐) 
 

12 komentar:

armae mengatakan...

yang aku makan kemarin yang bungkusnya plastik bening. cuma gak tau yang paling atas ato yang bawah,. gak merhatiin juga sih.
ironis memang kalo jadinya pake ada tiruan2nya gitu. *bahkan samapi kripik pun di bajak >,<

rahayu handayani mengatakan...

woww hati-hati lho.. skrg mulai banyak beredar yg palsu bkin sakit perut pulaa x__x
saya juga bingung ketika tau maicih kok jadi ada dua dan sbenernya mungkin masih ada maicih-maicih lainnya! -___-" kasian konsumen kan jadi bingung.. harus lebih aware!
tapi yg lebih booming sampe masuk liputan di TV yaa keripik @infomaicih

pinklestar mengatakan...

wah wah? ada yang palsu juga ternyata?

kalo aku makan yang ada tulisan from icihers with love, hehe

kayaknya sih asli. tapi teuteuuup... bikin sakit perut. ahahaha

rahayu handayani mengatakan...

iyaa banyak beredar yg maicih-maicihan :) hahaha! -___-"

waktu pertama booming sih saya ngeh ya yg @infomaicih --> yg ada tulisan "FROM ICIHERS WITH LOVE" yg dijual sm jenderal2nya..

hmm tapi saya ga bilang klo yg @maicih itu palsu lhoo.. cuma kasian aja ntar konsumennya bingung coz namanya mirip dan cenderung SAMA! tapi variasi produk yg ditawarkan beda kok.

Anonymous mengatakan...

Sebenernya ga ada yg asli dan palsu, @infomaicih itu yg punya Axl adik dari Bob Merdeka yg punya @maicih.
Ironis sih memang adik kakak harus terpecah dua, tp mau bgmn lagi.. sudah terjadi hehehe

kalo saya sendiri ga ikutin yg lagi booming atau trend di mana pun.. cukup percaya sama lidah aja, yg enak yg saya beli :D

jadi konsumen ga usah mikirin masalah orang lain, yg penting tinggal makan aja hehehe kalo ada jaminan halal lebih baik karena setahu saya mengurus surat halal lumayan sulit dan memakan waktu, jadi terlihat keseriusan dari kedua belah pemilik maicih itu.

semoga bisa memberi masukan berarti :)

Anonymous mengatakan...

Oh iya tambahan, gambar maicih yg paling bawah itu maicih yg masih awal sekali, saat itu varian maicih masih lv 1,2,3,4,5 dan basreng, ketika Bob Merdeka (@maicih) merintis maicih yg kemudian bergabungnya sang adik Axl (@infomaicih).

karena banyaknya permintaan untuk keripik lv 3 dan lv5 maka level lainnya di stop produksinya dan hingga skrng keduanya masih menggunakan ciri khas lv3 dan lv5.

rahayu handayani mengatakan...

wahh makasih banyak lhoo buat "anonim' atas penjelasannya :)) saya jadi ngerti kenapa maicih ada dua, ternyata ownernya itu adik kakak ya?

Ms. Hesty,, mengatakan...

Saya sudah nyobain dua-dua nya yang maicih paper bag sama maicih plastik..
kalo mau jujur dari keripik, enakan yang paper bag a.k.a yang bikinan bob merdeka.. lebih berasa bumbu nya..
kalo yang dari @infomaicih a.k.a AXL cuma pedes doang, tapi seblak nya enyak :D
yaaa pokoknya gitu lah menurut sayah.. hihihi

Claude C Kenni mengatakan...

Setuju, sekarang banyak dipalsuin tuh...di sebelah rumah gua juga ada

Brainless~ mengatakan...

wow, baru denger yang namanya maicih, penasaran sma kripik setan XD setauku yg ada cuma rawon setan

rahayu handayani mengatakan...

@ms.hesty : makasih udah ngasih komen balik :) salam kenal..

@claude : wah palsu gimana? ada maicih palsu gituu? harus hati2 ntar malah bikin mules2 tuh,, hehe..

@brainless: sayah malah baru denger ada "rawon setan" itu rawonnya pedes bangedd ya?

bitaquartia mengatakan...

wahh kalo rawon setan tuh, rawonnya iteeemm banget kuahnya,, di surabaya.. yuk dicoba.. :)